Thursday, March 13, 2008

Guide michelin

Kemarin setelah liat2 guide michelin yg dikasih hubby, kita ngobrol2 soal restaurant. Fyi, guide michelin yg aku punya ini adalah guide yg memberikan nilai pd kualite pelayanan, kenyamanan, kualite produk, & harga pd restaurant & hotel di Perancis. Ada bbrp simbol yg dipakai, mis : rumah u/ hotel dlm segi kenyamanan (max.5), sendok u/ restaurant dlm segi kenyamanan (max.5), bintang u/ restaurant dlm segi masakannya (max.3), etc... Sangatlah bangga bagi hotel & restaurant yg bisa masuk ke dlm guide ini. Dan dijamin pasti bakalan laris manis deh usaha mereka.

Nah, ceritanya aku pengen makan di restaurant Au pont de Collonges di Lyon. Pemiliknya adalah Paul Bocuse, salah satu chef terkenal di Perancis. Pada guide michelin, restaurant ini dikategorikan 5 sendok garpu & 3 bintang. Restaurant ini merupakan salah satu restaurant yg cukup bereputasi di Perancis. Bukan hanya org2 Perancis saja yg makan di sini, tp juga byk org dari berbagai negara yg datang ke restaurant ini. Menunya dr harga 125€-200€ & u/ plat tertentu dr harga 102€-183€. Lumayan mahal ya.. tp kalau sekali seumur hidup, boleh deh dicoba, hehee..

Trus skrg aku mau cerita ttg 1 film kartun yg baru2 ini keluar. Pasti semua dah pada tau kan film "Ratatouille". Sebelum film ini dibuat, produsernya datang ke Perancis u/ melihat bagaimana cara koki2 Perancis bekerja/ masak di dapur. Mereka jg bekerjasama dgn Cyril Lignac, chef acara TV "Oui Chef !" di chanel M6, dan jg merupakan pemilik restaurant Le Quinzième di Paris. So, di film itu cara masak koki2nya sama percis dgn koki2 Perancis.

Di dalam film ini ada seorang koki ternama, Auguste Gusteau, yg merupakan inspirasi dari tokoh utama, Rémy. Di dalam film ini Auguste Gusteau bunuh diri setelah restaurantnya kehilangan 1 bintang. Tokoh ini bukan sengaja diciptakan oleh produser film tsb, melainkan diambil dari kisah nyata seorang chef ternama, Bernard Loiseau. Dia bunuh diri tanpa penjelasan setelah restaurantnya kehilangan 1 bintang di guide michelin. Mungkin saja dia merasa malu & tidak dpt menghadapi orang2, jadi jalan paling singkat ya bunuh diri. Dunia memang kejam ya.

image : extracine.com

Gitu aja deh, cuma mau sharing. Aku jg belum nonton film ini, cuma kemarin ntah kapan hari aku lihat siaran ttg pembuatan film ini di TV=;). Voilà.. bonne journée !

2 comments:

Destri Andorf said...

lohh baru pasang gate? sebelom2nya? matt ga suka keluyuran sendirian?? si icha mah.. ampun dah... maunya ke dapur mulu... poto2 dong

Sucre Maple said...

@Destri : sebelumnya pan tangganya kita tutup pake play pennya. Dia bisa dorong sih. Cumanya akhir2 ini, dia sering dorong play pennya & mau naik ke atas, jadi kemarin itu kita pergi beli gatenya. Ntar deh gw poto klu dia lg berusaha mau buka tuh gate, hehe..