Tuesday, March 27, 2007

Pédiatre, purée, dll...

Hari Jumat kemarin kita ada rdvz di pédiatre jam 4 sore u/ vaksin Matt ke 4 kalinya. Seperti biasa Matt dah kenal tempatnya. Begitu aku rebahkan di tempat tidur pasien, lsg mukanya pucat gitu, hehehe.. Trus aku buka bajunya & dia mulai nangis deh =:O. Kugendong sebentar, eh senyum pula sama pédiatrenya. Tapi begitu aku rebahkan lagi di tempat tidur, nangis lagi =:p.

Pédiatrenya mulai periksa2 seperti biasa : mata, hidung, telinga, mulut, & badan. Sekarang Matt beratnya 7,4 kg, tinggi 65cm & lingkar kepala 44cm. Bis tuh divaksin deh, makin gencar aja tangisnya =:0. Pédiatrenya bilang, biasanya anakbayi kalau ke pédiatre, mulai nangisnya pada saat berumur 9 bulan. Ada2 aja... kalau mau nangis, ya nangis aja, masa liat umur lagi.. wong anaknya dah kenal tempat dia disuntik, hehehe...

Dah itu pédiatrenya bilang skrg Matt dah boleh mulai dikasih purées aux legumes (bubur sayur) + asi pada siang & sore hari selama 10 hari. Trus 10 hari kemudian boleh dikasih bubur sayur + asi pada siang hari & bubur buah + asi pada sore harinya.

Sebelum plg ke rumah, kita singgah dulu ke Darty. Liat2 oven, dah dapat yg aku mau. Kita lsg pesan deh. Kasih panjar dulu, ntar sekitar awal Juni baru diantar.

Hari Sabtu, biasa aja, ngak kemana-mana. Sekarang sampe awal Juni, tiap sabtu pagi hubby kerja sampe jam 2 siang =:O. Bis tuh dia lsg belanja ke Carrefour.

Hari Minggu, aku siapin purée aux carottes (bubur wortel). Aku kupas 6 wortel, kmdn dikukus dgn panci presto. Bis tuh aku blender, kmdn disaring biar lbh halus. Aku kasih ke Matt 3 sdt + 6 sdt asi. Lucu deh liat dia makan purée u/ pertama kalinya. Kegelian dia sambil tutup mata gitu, hehehe.. trus nolak gitu. Berlepotan dehhh... Ya dah kita main2 sbtr, smbl aku kasih semangat, claps hands, plokkk.. plokk.. bravooo.. senyum deh dia. Baru kukasih lagi. Terakhir gantian papanya yg kasih. Sementara itu aku jadi pompom girl... ayooo ayooo.. dah mau habis... bravoooo.. hihihi.. akhirnya habis juga dia makan. Dah itu kita kasih dia 150ml asi. Sisa sedikit ngak dihabisin, dah kekenyangan.


Sorenya kukasih bubur wortel lagi. Ehhhh, kali ini doyan loh dia, makannya cepat banget... Senang deh dia mau makan bubur wortel yg kubuat =:D.

Oh iya, sisa bubur wortel yg kubuat, kubagi perporsi ke dalam tempat es batu khusus u/ makanan bayi. Jadi ngak usah tiap hari bikinnya. Asal mau makan, keluarin 1 es batu wortel, hehehe... Ide ini kubaca dari sini dan juga dari buku petunjuk yg dikasih pédiatre.

Semalam, hari Senin, cuaca bagus banget. Aku keluar sebentar bawa Matt ke supermarket dekat sini, beli wortel lagi. Soalnya wortel yg kubuat hari Minggu itu hanya u/ makan 4 hari doang. Jadi ceritanya mau buat lagi biar dia makan wortel 1 minggu. Minggu yg akan datang, mungkin kita mau kasih dia bubur buncis =:).

Hari ini cuci baju, menage, urus Matt, dll... capek deh.. =:0. Untungnya ntar malam bisa terhibur sedikit. Mau nonton Pékin Express di M6, ngak sabaran deh... =:). Ini ceritanya ada 10 pasangan (ex : ibu & anak, pasangan pacar, bapak & anak, suami istri, teman, dll) dikirim ke Peking, China. Mereka berlomba u/ menjadi pasangan pertama mencapai finish & memenangkan hadiah uang. Rutenya sbb : Peking-Bombay (Ancient China to India pass by Hongkong, desert of Rajasthan, Himalaya, Nepal). Mereka masing2 hanya diberi 1€/hari u/ survive. Seru dehh.. ada yg nangis, ada yg teman baik jadi bertengkar, ada juga yg makan enak, hehehe..

image : m6.fr

Voila, update kali ini.. =:p

3 comments:

MCS said...

trauma kali ya matthieu sama pédi-nya, hihihi..o purée legumes dulu ya disuruhnya, kalo C dulu rice cereal dulu...pinter baru pertama kali udah lsg abis

MC

Lisa said...

lucu kalo Célia compote de fruit dulu... ah lain pédiatre lain peraturan ya... gue sih ngikut kata pédiatre aja deh...

Unknown said...

Bubur wortel.....sehat buat bayi yah. matt cute banget dipotonya...disana good friday libur gag? ehhh temanmu blom telepon euy....

yuliana