Thursday, February 21, 2008

Gastro

Selasa kemarin Matt muntah2. Paginya sih seperti biasa aku kasih susu & jus jeruk. Biz tuh siangnya waktu kasih makan, baru 3 suap aja, Matt muntah semuanya termasuk susu & jus jeruk. Kasihan dia, kyknya terkejut, nangis deh. Ya dah aku bersihin muntahannya, trus ganti bajunya. Biz tuh coba lagi kasih, ehhh muntah lagi.. aiyayaa.. ganti bajunya lagi deh. Akhirnya aku tidurin dia aja, keliatannya dia capek. Aku pikir apa krn susu paginya ya, jadi dia muntah. Ya dah ntar liat sorenya gimana. Perasaan ngak enak, jangan2 gejala gastro (muntaber). Tp pagi 'popo'nya bagus, ngak cair. Ntah ketularan Marc, anaknya Adina kali. Sabtu kemarin waktu kita ke rumahnya, Marc baru keluar RS 2 minggu yg lalu krn gastro. Tp pan dah lumayan lama ya, apa mungkin bakterinya msh ada di mainannya ? soalnya Matt megang2 mainannya. Trus jg main2 bareng Marc.

Breff... Matt bangun kl pukul 14.30, aku coba2 kasih compote (bubur buah). Habis 100gr pertama. Mau tak kasih compote kedua, baru 2 sdt aja, ehhh.. muntah lagi, huhuhu... nangis dia.. Bayangin deh susahnya klu muntah, apalagi anak kecil =;O. Biz tuh ganti bajunya lagi. Tunggu sebentar, coba2 kasih lagi compotenya, ehhh muntah lagi. Ya dahhh.. aku biarin Matt nonton baby einstein dulu, sementara bersihin baju bekas muntahan.

Telp hubby, hubby bilang coba kasih air aja, ntar malam baru bawa Matt ke RS (Pédiatre Matt lg liburan). Ya dah, aku kasih air minum 3 sdt, biz tuh aku ajak Matt bobok krn aku liat dia agak lemas. Dia jg patuh2 aja diajak bobok. Bbrp menit kmdn, aku dengar dia nangis. Trus aku liatin, rupanya Matt muntah air yg aku kasih tadi. Ya dah aku bersihin sbtr, trus gendongin dia deh, tenang2in. Biz tuh nidurin dia lagi. Tidur kl 1 jam, kmdn bangun. Hubby pulang kl pukul 18.45. Kita lsg menuju ke RS tempat Matt cek mata. Ehhh rupanya, di sana ngak ada "urgence enfant", adanya hanya di RS yg di centre ville. Ya dah ke RS di cv. Sampe di sana, spt biasa Matt dibukai pakaiannya, dicek, & ditimbang. Busyett dah.. muntah seharian, Matt kehilangan 400gr. Dokternya suruh test kasih Matt air minum mineral u/ diare (air mineral ini u/ mencegah kekurangan cairan di tubuh). Kasih 10ml setiap 10 menit. 40 menit kemudian, Matt muntah airnya. Kita masih lanjutkan kasih air mineral ke Matt. 30 menit kemudian muntah lagi. Dstnya hingga muntah yg ke-4 kalinya. Biz tuh Matt diambil darahnya u/ dicek apakah cairan tubuhnya masih cukup. 1/2-1 jam br tau hasilnya. Hasilnya sih Matt ngak kekurangan cairan di tubuh. Tapi sblm hasilnya keluar, Drnya dah ambil keputusan, Matt nginep di RS aja. Trus diinfus deh, kasihan dia. Milis hatiku liat tangannya ditusuk =;O. Malamnya aku nungguin dia di RS. Untungnya Matt ngak rewel tidur di box RS, mgkn dia jg dah lumayan capek.

Rabu pagi jam 5an dia merengek2, rupanya 'popo'. Aku liat ngak cair, tp agak lembek & kekuningan. Aku ganti diapernya, biz tuh bobok lagi. Sampe jam 08an dibangunin sama suster. Aku sarapan, bil coba2 ksh Matt makan compote 3-5 suap + air mineral khusus diare . Jam 10an, Matt ditimbang, dah tambah 200gr-an. Biz tuh aku mandiin Matt. Trus Dr jaga siang dtg periksa Matt. Drnya kasih susu special gastro, Matt ngak mau tuh. Siang susternya kasih purée kentang, pan bau susu jg, Matt jg ngak mau. Ya teranglah klu lg gastro pasti 'nek' sama susu. Sehari itu Matt makan compote aja, habis 240gr. Lumayan deh, seharian ngak muntah, tapi demam. Bagus jg sih klu demam. Berarti tubuhnya lagi fight dgn bakteri. Dikasih doliprane deh.

Sorenya dah diijinin pulang. Sampe di rumah, Matt diare byk, sampe kena di bajunya. Ya dah, aku mandiin bagian bawah aja. Biz mandi, tak kasih compote & air mineral khusus diare. Malamnya tidur, terbangun sbtr krn "popo". Biz tuh tidur sampe pagi deh.

Hari ini Matt dah lumayan, ngak demam lagi. Cuma ngak gitu selera makan. Aku kasih compote & byk minum. Trus dia maunya tidur aja. Biasanya dr siang sampe sore, tidurnya 1x aja, ini tidur 2x. Waktu bangun, aku temanin dia nonton baby einstein, bil dia baring2an di pelukanku. Selama sakit, Matt lumayan manja, maunya berbaring di pelukan emaknya, hehe.. Tp aku jg senang manjain dia, supaya cepat sembuh ya, nak ! =;* =:)

UPDATE u/ catatan gw :
22 Feb'08
Puji Tuhan, hari ini Matt dah mendingan. Siang-sore, tidurnya hanya 1x, hehee.. Dah mau makan bubur nasi. Pertama aku coba kasih sedikit dl, dah habis, eh Matt teriak2 minta lagi =;). Masih minum air mineral khusus diare, obat LACTEOL 2x & obat TIORFAN cuma 2x doang (max 3x). Aku kasih 20-30ml setiap 15 menit. Hari ini muntah 1x, tp sedikit aja. Trus jg ngak "popo", tapi "putput" trus & bau banget dah.

23 Feb'08
Hari ini Matt makanannya bubur nasi, compote, air u/dehidrasi & LACTEOL 2x. Muntah 1x, tp sedikit aja. "Popo" warna kuning, lembek & ngak liquid & masih jg "putput" trus.

24 Feb'08
Hari ini Matt makanannya bubur nasi, compote, petit filou, air u/ dehidrasi & LACTEOL 2x. Ngak muntah lagi. "Popo" masih warna kuning, lembek & ngak liquid. Dah lumayan aktif. 90% sembuh.

25 Feb'08
Hari ini Matt makanannya bubur nasi, compote, petit filou, petit yoplait, air u/ dehidrasi, & LACTEOL 1x. "Popo" masih warna kuning & lembek.

26 Feb'08
Hari ini Matt makanannya bubur nasi, compote, petit filou, petit yoplait, air, susu & LACTEOL 1x. "Popo" normal ngak lembek lg . Dah aktif banget, mulai lg mau manjat keluar dr tempat tidurnya. 100% sembuh.

6 comments:

Destri Andorf said...

aduhh kasian amatttttt :( cepet sembuh yah matt!!!

MCS said...

waduh kebayang repotnya matt munmun,apalg klo kena sprei, emak lg yg kena kerjaan, huhuhu..cepet sembuh ya matt,smoga ga nginep di RS lg, memang anak kecil suka gampang bgt nularnya

Sucre Maple said...

@Destri : makasih, des.. hari ini dah mendingan tuh, dah mulai nakal lg, tp lega deh.. =:)

@Juju : iya ju, ganti sprei 2x : tempat tidurnya & playpen..

Lisa said...

Va, ngga dikasih motilium sama dr ?
kalo enek/muntah, biasanya diminumin itu 15 menit sblm makan. Waktu di SIN, si ceuceu jg mencret selama 3 hari. Kita udah dibekalin ama dr motilium + GES45 utk dehidratasi. Ntar minta "reserve" aja utk au cas où, jadi ga perlu diopname. gastro itu kadang lewat sendiri kok en 3 jours.

Sucre Maple said...

@Lisa : Lis, Matt kemarin jg waktu mudik dikasih motilium. Tp kemarin itu waktu gastro mau tak kasihin, tp hubby ngak setuju, ya weslah kita bawa ke RS aja. Trus jg di RS ada dikasih motilium 1x doang. Biz tuh wkt pulang, dikasih ordonance tp ngak ada motilium, cuma dikasih Adiaril : u/ dehidratasi, TIORFAN : u/ gastro, & LACTEOL : u/ perut kyknya supaya ngak mual, gitu deh.. Thx u/ infonya ya, Lis ! =:)

Lisa said...

eh iya tiorfan juga utk nyetopin mencret. adiaril = ges 45. kalo motilium utk mencegah mual/muntah.