Sunday, January 13, 2008

15 Months

06 January'08
Setiap tahun pd tgl 06 January, org sini ada acara makan "galette des rois" or dlm bhs Indonesianya "kue raja". Kue ini terbuat dari puff pastry yg berisi frangipane yaitu cream almond. Di dalam galette ini ada sebuah "fève" / bean. Mgkn org dulu wkt buat galette naruh sebuah bean di dalamnya, tp skrg naruh sebuah benda kecil berupa tokoh. Nahhh.. makan galette ini rame2 sekeluarga. Msg2 dapat sepotong kue galette. Trus yg dapat fève ini yg menang & dapat mahkota. Seperti biasa, selalu hubby yg dapat mahkotanya, hehehe.. & Matt, krn blm boleh makan galette, ya dah.. tak pinjamin mahkotanya aja, xixixi... =;)

chez moi, je suis le Roi... (di rumahku, aku adalah raja, hehe..)

Tepatan jg hari ini Matt berumur 15 bulan. Spt biasa emaknya berusaha meng-ingat2 moment2 yg dilalui Matt & jg perkembangannya. Et voila...

* Natalan u/ kedua kalinya & sdh bisa buka kado sendiri.
* Jalan dah lumayan lancar & mulai berbalik bak peragawan, hihi...
* Berlari kecil... klu dia nampak pintu dapur terbuka, cepat2 deh mau ke dapur.
* Jalan bil nyepak bola/mainan kecil... bakalan jd penyepak bola kah ? welehhh welehhh...
* Naik ke sofa tanpa pouf... caranya dgn pegangan di tepi sofa & kdg2 kaki or tangannya ditahan di meja sambil mengangkat tubuhnya naik.
* Dah mulai berusaha keluar dari tempat tidurnya... Pertamanya sih dia injak mainannya, trus kakinya itu diangkat ke tepi cot tempat tidurnya or travel bednya. Tp skrg ngak injak mainan pun, kakinya dah bisa sampe jg ke tepi cot tempat tidurnya. Aiyayaya... hrs ekstra hati2 skrg. Krn itu aku ngak berani ninggalin dia sendiri lama2 di dalam tempat tidurnya or travel bednya. Skrg klu aku mau mandi, hrs nunggu sampe dia tidur siang dulu.
* Mulai berusaha keluar dari kursi tempat dia makan.
* Mulai berat2in badannya... Kdg2 pas mau kita angkat & Matt ngak mau, diberat2in badannya spt ngak ada tulangnya, ampun deh anak ini...
* Suka main saklar lampu... demen nih klu kita suruh hidupin & matiin lampu, jarinya yg mungil tekan saklar lampu.
* Niruin nyanyian Dipsi teletubbies, lalalalala...
* Rewel... sdh 2 minggu ini, Matt ngak mau tidur lg jam 08.30 malam. Tidur antara jam 09.30 & 10.30 malam. Ngak tau kenapa, skrg asal kita tinggal pasti jerit2. Mungkin jg krn lg mau numbuh giginya & jg lg flu, jadi ngak nyaman. Tiap hari aku kasih jus jeruk, tp gak kita kasih obat, krn dia ngak demam. Cuma sering aku semprot hidungnya dgn serum & jg sedot ingusnya. Syukurlah kemarin dah sembuh. Cuma klu malam tidur keasyikan ditengokin jadi kebiasaan, maunya main2 aja. Rata2 mau ditengokin bolak balik 3x baru mau tidur deh. Tp aku ngak kehilangan akal, stlh observe bbrp hari, tau trik2nya biar dia cepat tidur & ngak rewel. Skrg hbs minum susu, main dulu sbtr dgn babenya di lt.1 (aku larang main di depan ordi skrg, jd kebiasaan ntar). Biz tuh aku dtg & blg "ayo dodo/ bobok". Matt ngerti, trus say goodbye & kisses. Biasanya dia senyum2. Trus aku bawa ke kamarnya. Aku blg "Pijit dulu ya..", kupijit deh sbtr tubuh, tangan & kakinya, dia kegelian bil ketawa terkekeh2. Biz tuh aku timang2 sbtr smbl dengerin musik dr mobilenya. Kdg2 aku pura2 tutup mata, ntar dia pegang2 telingaku or masukin jarinya ke mulutku, or mau masukin dodotnya ke mulutku, ihhh, anak ini... ampun deh... Mgkn dikirain aku spt dia, mau bobok kasih dodot, wakaka.. Baru deh stlh musiknya berhenti, aku bilang "dah ya bobok". Aku rebahin ke tmpt tidurnya bil nyelimutin dia & ksh ciuman. Dah itu aku tutup lampu & keluar. Dan dia tidur ! =:) yipyip !!! =:p emang tingkah laku anak hrs kita observe trus ya, biar tau cara menghadapinya.
* Bétisses... main2 di bawah tangga, sambil bongkar2 brg yg kita taruh di sana. Main2 tanah tanaman.
* Giginya 6 + 3 gigi baru... 4 di atas depan, 4 di bawah depan (2 baru, msh sepitik), & 1 baru, di sebelah dalam pipi bag. kanan (mgkn yg ini numbuhnya sakit bgt ya..). Selama bulan ini dia ngences trus, sampe bajunya basah semua. Aku pakein bavoir deh.

Menunya skrg :
Sarapan : susu croissance (pertumbuhan) 250ml & jus buah 150ml.
Makan siang : bubur nasi + sayuran + daging/ikan 400gr, air minum, & 50gr fromage blanc (keju putih) .
Goûter : bubur buah 100gr & yaourt 100gr + biscuit 1/2 bagian, & air minum.
Makan malam : bubur nasi + sayuran + daging/ikan 250gr, & air minum.
Sebelum tidur : susu nutricia 180ml + 1 sdm cereal coklat.

Sayur, buah, daging & ikan yg sdh pernah dimakan : wortel, tomat, kentang, zuchini, buncis, bunga kol, jagung, bayam, brocoli, betterave (beet), kacang merah, kacang bulat hijau, kacang polong, beras thailand, basmati, & beras merah. Apel, pir, jeruk, sunkist, nectarine, abricot, anggur, terong belanda, & kiwi. Daging ayam, daging sapi, & daging babi. Ikan cabillaud, salmon, & noix de st. jacques.

Dari umur Matt 1 thn, komposisi u/ bubur nasi, sayur & daging : 5 sdm beras + air + sayur + daging/ikan.

1 comment:

Lisa said...

ha ha ha bétises nya sama tuh sama celia demen main dibawah meja sampai kepentok2 tapi ga kapok2