Sunday, April 13, 2008

Do U know what U eat everyday ?

Akhir2 ini byk info di TV ttg pangan. Dari pestisida yg digunakan oleh para petani u/ membasmi hama sampe dgn OGM (Organisme Génétiquement Modifié) or GMO (Genetically Modified Organism).

Ttg pestisida... Karena tidak mau rugi akibat gagal panen, sebagian petani Perancis mengunakan pestisida yg cukup berbahaya, yg tlh dilarang pemasarannya oleh pemerintah. Tp ada saja cara mereka u/ mendapatkan pestisida ini. Mereka membelinya dari negara tetangga, Spanyol. Meskipun panen mereka berhasil, tidak sedikit dari petani2 ini yg mati muda. Kebanyakan dari mereka menderita penyakit kanker. Sekarang polisi mulai menggalakkan pemeriksaan mobil2 di perbatasan Spanyol-Perancis. Truk2 pengangkut sayur2an & buah2an, diambil samplenya u/ dianalisis tingkat pestisidanya. Buat kita2 yg di rumah, sebaiknya buah/sayuran dicuci beberapa kali, sblm diolah/ dimakan. Anak2 sebaiknya jgn dibiarkan menyentuh buah/ sayuran yg belum dicuci.

Ttg OGM.. apakah itu OGM ? OGM merupakan sebuah organisme yg telah dimodifikasi genetiknya (keseluruhan dari gennya) supaya organisme tsb mempunyai karateristik baru. Proses OGM ini merupakan inspirasi dari teknik seleksi/ mutasi yg tlh ada di dunia agriculture. Pemodifikasian genetik ini dpt dilakukan thdp kurang lebih 60 golongan tumbuhan, dr cereal sampai dgn pohon. OGM yg paling berkembang skrg yaitu pada jagung, beet & colza (sejenis bunga yg diproses menjadi minyak masak). Tujuan dr OGM yaitu u/ memperoleh ras baru yg lebih top, lebih tahan thdp penyakit & kekeringan, yg mana diharapkan penggunaan pestisida dpt dikurangi/ dihindari. Tp bukan berarti OGM ini tidak ada resikonya. Sebagian dr OGM ini mempunyai resiko terhadap kesehatan manusia, mereka dpt meracuni ataupun menyebabkan alergi thdp kita & jg dpt menyebabkan resiko ketidakstabilan ekosistem tertentu di lingkungan.

Apakah OGM ada pd makanan yg kita hidangkan sehari-hari ???
Atas permintaan Perancis dan bbrp negara lainnya, Union Europa menentukan bahwa semua produk makanan yg mengandung lebih dari 0,9% OGM harus dicantumkan info etiket supaya konsumen mendapat info yg benar & dpt menentukan pilihan. Pengunaan OGM ini jg mulai dilarang di Perancis. Tapi sebagian pengusaha Perancis mendatangkan produk jadi ber-OGM dari negara Amerika Selatan & negara lainnya, ex : jagung. Kata mereka, hanya penggunaan OGM yg dilarang, tp impor produk jadi ber-OGM pan ngak dilarang.

Aku lihat petani jagung yg mengunakan OGM, jagungnya bagus2. Di sisi lain petani yg tidak mengunakan OGM, jagungnya diserang hama & mereka gagal panen.

Dgn menghindari konsumsi produk yg kemungkinan mengandung OGM, spt jagung, apakah kita 100% terhindar dari resiko OGM ??? belum tentu, héhéhé.. Produk ber-OGM ini ada yg dipakai u/ makanan hewan. Spt soja yg diimport u/ dipakai pada peternakan. Spt pada makanan manusia, makanan hewan ini jg diberi info etiket spy pemakainya menyadari bahwa ada OGM yg terkandung di dalamnya. Susu, telur & daging dari ternak yg diberi makan dari produk OGM ini tidak diberi info etiket, karena blm ada keharusan u/ itu. Jadi ada kemungkinan besar apa yg kita makan sehari-hari mengandung OGM. Jadi klu dibayangin ngeri banget ya.. soal perubahan gen2 begitu kan berkaitan dgn kanker atau penyakit yg aneh2..

Btw, OGM ini bisa jg diterapkan pd hewan, ex : ikan, yaitu glofish, ikan yg telah dimodifikasi gennya sehingga warnanya matching/ glow in the dark & transparans.
Buat yg mau tau lbh lanjut ttg OGM, bisa dilihat di sini atau di sini.

image : glofish.com

Trus skrg aku mau sharing ttg "ke-perihewanan". Di sini aku ambil contoh ayam. Ayam yg diternakan di Perancis ada bbrp macam taraf kesejahteraan hidupnya, yaitu :
1. hidup di alam bebas dgn makanan bio/ non bio.
2. hidup di dalam kandang yg luas dgn pencahayaan yg dibuat sbg ganti matahari.
3. hidup di rangka2 besi dgn jumlah banyak/ berdesak2an & jg dgn pencahayaan sbg ganti matahari.

Dan tentunya spt manusia, ayam yg hidup bebas lbh bahagia/sejahtera drpd ayam yg hidupnya dikurung/ di rangka besi.

Nahh.. skrg cerita produksi ayam alias telur... di sini, telur2 ayam diberi informasi angka. Tujuannya yaitu memberikan info kpd konsumen u/ menentukan pilihan mereka.

O = telur dr ayam bio
1 = telur dr ayam yg hidup di alam bebas
2 = telur dr ayam yg hidup di kandang
3 = telur dr ayam yg hidup di rangka besi

Harga telur dgn angka O, dst lebih mahal dari telur ber-angka 3. Tetapi setelah dilakukan penelitian thdp protein & vitamin yg terkandung pada telur angka 1 dan angka 3, tidak ada bedanya. Jumlah protein & vitamin pd kedua telur adl sama.

Soo.. skrg tergantung kita sbg konsumen, apakah kita siap membayar lbh mahal, tapi u/ kesejahteraan hidup si ayam ? hehee.. Biasanya aku sih beli telur ayam dgn angka 1. Berarti pan aku mendukung ayam yg hidup di alam bebas, hehe.. yaa, setidaknya pd masa hidupnya si ayam lbh happy, walaupun ntar berakhir di meja makan jg =;) .

1 comment:

Lisa said...

blm pernah gw liat glofish... lutju jg ya.
Ember ya mesti ati2 belanja skg.