Wednesday, April 01, 2009

Le tour du monde en 80 plats (2009)

Seperti biasanya tiap tahun, di tempat kursus bahasaku dulu CLA (Centre de Linguistique Appliquée), ada acara "Le tour du monde en 80 plats". Klu diartikan dlm bhs Indonesianya kira2 adl keliling dunia dgn 80 masakan. Tujuan dari acara ini adalah untuk pertukaran budaya serta pengenalan kuliner dari berbagai negara. Tahun ini yg menjadi tuan rumahnya adalah negara Malaysia.
Sebenarnya tahun ini kita hampir saja ngak ikutan, krn ketika mau mendaftar ngak ada tempat lagi. Tapi 3 hari sblm hari H-nya, daku ditelp. Ceritanya ada negara yg mengundurkan diri, jadi kami ditawarkan kembali & ditanya apakah masih berminat ikutan acara ini. Ya terus terang aja dgn semangat 45, daku jawab, ok deh ! =:p

Acara ini diadakan tgl. 24 & 25 Maret yg lalu. Aku sih cuma ikutan tgl 24 Maretnya doang, berhubung tgl 25 Maret kita ke Geneve jemput emak.

Spt biasanya para tamu yg berdatangan disambut di pintu masuk oleh perwakilan dr berbagai negara. Stand2 pada ditutupi tirai & para peserta berdiri di depan stand. Stlh semua tamu masuk & kita diberi aba2, baru deh semua pada buka tirai rame2. Dan para tamu pada mengerubungi stand2 makanan, hehee..

Harga makanan tlh ditentukan oleh CLA, yaitu antara 1€-2€ per porsi kecil. Tujuannya supaya pengunjung bisa nyicip2in max makanan dr berbagai negara. Makanan Indonesia lumayan digemari lho sama org P'cis, sampai2 wawancara pengenalan makanan kita oleh Rumi masuk di sekilas berita chanel tv France 3 pd tgl 25 Maret, hehee..

Oh iya, aku bikin sate ayam, bakmi goreng, bakwan & rouleaux printemps. Susi bikin lumpia & pangsit goreng. Christina bikin perkedel, risoles & martabak. Sedangkan Rumi bikin klepon & dadar gulung. Lumayanlah laris manis stand kita. Capek, tapi hati senang. Hitung2 hasil jualan buat nambah2in jajan, hihii...
Voilà bbrp foto2 u/ dinikmati ! =:)
Susi, gw, Rumi &, Christina
Foto bareng mahasiswi Indonesia, Mme Polin & Mbak Jane
Foto bareng teman2 dr Brazil

2 comments:

Lisa said...

wah masih bisa dilihat ngga ya liputan wawancaranya di site france 2 ???? Va, kamu bakar satenya gimana ? pake bbq di luar gitu ?(pake oven bisa ngga ya ?)

Dd said...

Va... look delicious. would u mind to make all of it to me? he he he.... kirim2 ke jakarta yaaa!